Heboh..Orang China masuk area mangani,kototinggi,50 kota, Fakta atau Hoax.?

gunuangomehnews.blogspot.com

Akhir -akhir ini Di salah satu grup besar  Di kototinggi. Gunuang omeh . Sedang heboh-hebohnya membicarakan yg kata nya ada #China masuk ke Mangani.
Fakta atau hoax.?
Berawal dr salah satu postingan member grup trsebut yg menyatakan ada china di mangani.. Menuai tanggapan yg beragam dr para Nitizen.. Pro dan kontra pun terjadi..

Salah satu postingan warga :
Nama di samarkan..
Screen shot / nama di samarkan..

Terlepas Pro dan kontra yg terjadi.. Kali ini penulis sdkit tergelitik dgn fenomena ini.. Kita akan coba sdkit bahas teori saja, tanpa bermaksud Menjudge, membenarkan / menyalahkan / menghakimi..  kita akan coba melihat dr sudut pandang yg berbeda..


Kembali ke sejarah Mangani di masa lalu..  Dari  track sejarah yg ada menurut salah satu sumber.. Tambang Mangani sudah ada sejak era zaman belanda...  Entah brpa Ton emas cadangan emas yg terkandung di dalam nya.. Yg jelas mangani pernah ada di masa kejayaan nya... Tambang mangani adalah salah satu alasan knpa di buat Rell kereta api dr payakumbuh hingga sampai ke suliki.. Mngkin mangani adalah salah satu alasan nya... Untuk memudahkan belanda mengangkut komoditi Emas nya..
Di masa ini Tambang mangani pernah sampai di masa jaya nya.. Walaupun tentu pda waktu itu bkn buat pribumi..


Dr sini kita Tahu.. Di masa ini Belanda adalah Penguasa / pengelola tambang Mangani.. Lha wong kita belum merdeka.. Hehehe...  Waktu itu kita masih di jajah..
Tentu ini  akan lain cerita nya  klo kita sdh merdeka..

Foto ilustrasi :
Info etnis China di area Mangani Fakta / hoax.?

Entah knpa siang ini penulis sdkit penasaran oleh salah satu postingan dari salah satu warga kototinggi.. Tentang keberadaan etnis china di area mangani..

Kok bisa.?
Ya bisalah.. Menurut penulis pro dan kontra ini klo dbiarkan akan berlarut-larut.. Bukan larutan ya..  Hehehhe..
Perlu sekali instansi pemerintah setempat untuk segera menjawab polemik ini.. 


Banyak faktor knpa orang luar itu datang ke indonesia.. Umumnya memiliki tujuan yg jelas
Ada yg berwisata saja, ada yg hanya untuk bkerja saja, ada yg untuk diplomat dll..

Imigran luar masuk ke indonesia itu gak sembarangan... Ada izin yg harus dlengkapi,ada visa yg harus di sesuaikan dgn penggunaan nya.. Klo visa nya wisatawan, ya cma buat berwisata saja, klo visa nya kerja ya, buat kerja saja, tak boleh dcampur campur.. Setahu wak bgtu.

Kembali ke topik soal cina yg masuk ke Mangani.. Klo  ini sdh  benar ada nya.. Mngkin mereka sdh pnya izin / dokumen nya.. Hanya Imigran siluman saja yg berani masuk ke suatu daerah tanpa izin.. Dan klo ada yg nekat.. Tentu ada hukuman yg menanti dbelakangnya..  Ckup jd alasan untuk mendeportasinya ke negara asalnya..   

Lalu bagaimana klo mereka punya izin resmi.?  Klo mereka pnya... Ya kita kalah secara hukum..  Lha klo institusi yg berwenang mengizinkan kita bisa apa.. ? Klo sdh resmi ada dokumenya, brarti ada yg menandatangani.. Ada yg mengetahui.. Ada yg mengizinkan.. 

Saran penulis untuk aman nya :
Coba nanya ke orang kecamatan, soal kberadaan cina trsebut.. 
Atau bsa nanya ke kabupaten.. Bener gak sih ada china di mangani.?  Fakta atau Hoax kah.? 

Klo sampai pemerintah daerah kita sampai gak tahu-menahu, brarti Radar kita bermasalah..
Harusnya imigran yg masuk ke suatu daerah, semua nya terdeteksi dgn baik.. Lha klo misalnya sampai gak ada yg tau... Kalau ada perang... Kita di serbu duluan cak.. 😂😂
Habis kita di babat musuh duluan.. Lha wong datangnya saja gak kedeteksi.. Hehehe.. Tau tau sdh di dalem...

 Berbicara china, tentu itu tdk terlepas dr stigma negatif yg sdh terlanjur melekat di masyarakat.. Mngkin di benak kita langsung terbayang penjajahan ekonomi.?  Tp bagaimana klo kehadiran nya di Mangani adalah untuk Investasi yg menguntungkan buat masyarakat sekitar. ? 


Tp apapun itu.. Bagus nya kita jgn suUdzon dulu... Mngkin kita bsa tanya ke orang 2 yg pnya lahan di mangani... Orang sekitar yg betul-betul paham cerita nya.. Mana tau persepsi kita salah..  Jd nya gak simpang siur.. Barometer nya mngkin ya orang di sekitar mangani itu sndiri... Merasa susah ngak, atau merasa terganggu ngak..
Intinya masyarakat sekitar lah yg merasakan... Jd..  Patutnya kita banyak bertanya saja ke yg lebih tau.. 
Survey ke mangani langsung juga boleh..  Hehhee..
Selalu kedepankan musyawarah..  Saran penulis, Banyak banyak lah gali informasi klo perlu ke mangani langsung.. Biar kita tahu yg sbenarnya..
Yg penulis sampaikan tadi HANYA lah mengajak pembaca ke sudut pandang yg berbeda.. Hanya menyampaikan sudut pandang semata.. Kadang yg kita pikirkan tak sesuai dgn kenyataan..  Kadang jg yg kita yakini benar, bisa jga salah.. Jd saran penulis..  Ke lokasi scara langsung adalah jawaban nya.. .
😀🙏

Malu bertanya sesat di jalan
Malu makan, kelaparan... 
Kan begitu. Hehehe.. 

Tks sdh membaca ini.. 
Kalau Salah, mohon di bantu koreksi..
Terima kasih.   
😀🙏

Redaksi : gunuangomehnews.blogspot.com









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harapan dan mimpi di pembangunan MONAS PDRI KOTOTINGGI

Cerita di Nagari Kototinggi Gunuang Omeh